10 October 2017

4 Tips manfaat Waktu

4 Tips Manajemen Waktu
ternyata kunci suksesnya orang-orang yang berhasil, mereka bisa me-manage waktunya dengan baik. Dan ternyata saya juga praktekkan sendiri dan saya terapkan di dalam pekerjaan saya, di dalam kehidupan saya mengenai time management.

4 Tips manfaat Waktu

Hai sahabat, hari ini saya akan memberikan tips bagi anda tentang time management.
Apakah anda pernah merasakan setiap hari itu sibuk banget? tidak pernah punya waktu untuk semuanya, saya masih ke sana masih ke sini, semuanya bisa saya lakukan sendiri dan juga di bisnis pun begitu. Setiap hari anda sudah sibuk bahkan sudah kerja sampai malam tetap aja pekerjaan itu masih terus anda kerjakan, anda kejar-kejar terus dengan waktu. Saya pun pernah merasakan apa yang pernah anda rasakan ini dan ternyata kunci suksesnya orang-orang yang berhasil, mereka bisa me-manage waktunya dengan baik. Dan ternyata saya juga praktekkan sendiri dan saya terapkan di dalam pekerjaan saya, di dalam kehidupan saya mengenai time management.
Ada 5 hal yang akan saya bagikan kepada anda mengenai time management yaitu :

1. PerencanaanPerencanaan

Perencanaan
Ada pepatah yang bilang jika anda gagal merencanakan berarti anda merencanakan kegagalan, artinya adalah setiap hari sebelum aktivitas anda mulai lakukanlah perencanaan, apa yang saya lakukan setiap hari, sebelum saya memulai hari esok, saya selalu membuat daftar list besok saya mesti lakukan apa saja dan saya punya agenda besok saya harus lakukan apa saja. Biasanya apa yang saya lakukan adalah sebelum saya tidur sekitar 10 sampai 15 menit saya baca, besok saya harus ada pelatihan, harus ada training, harus ada talkshow di radio, harus ada meeting dengan tim, harus ketemu customer, harus prospecting, saya list semuanya aktivitas itu dan mau melakukan apa saja saya lakukan every single activities with planning, kira-kira luangkan 10 sampai 5 menit sebelum anda lakukan kegiatan hari esok. Dampaknya adalah anda akan jauh lebih siap, akan jauh lebih planning, semua aktivitas dikerjakan dengan jauh lebih baik.

2. Atur waktu anda dengan baikAtur ulang waktu

Atur ulang waktu
Maksudnya seperti ini, setiap hari anda pasti punya aktivitas yang begitu banyak. Misal posisi anda sebagai sales manager, sebagai marketing manager merangkap sebagai Finance Manager, mungkin sebagai Bos, mungkin sebagai pemilik bisnis, mungkin sebagai CEO, mungkin sebagai ayah, sebagai suami, sebagai anak, itu banyak semua aktivitas-aktivitas yang anda harus lakukan setiap hari. Kalau anda tidak mengatur waktu anda dengan aktivitas anda, akhirnya semuanya tidak keburu karena ini semua kapan waktunya? Ketika anda dapat komplain dari customer karena mereka tidak pernah dapat waktu anda dan karena anda tidak mengatur waktu dengan baik. Saran saya adalah list dan ini yang pernah saya lakukan dan setiap hari saya lakukan dalam kehidupan saya, di dalam pekerjaan saya, di dalam bisnis saya, saya list semua aktivitas yang saya punya lalu saya atur waktu planning kapan? waktu meeting kapan? waktu prospecting kapan? waktu ketemu dengan customer dan berbincang-bincang dengan mereka kapan? waktu ketemu dengan orang tua kapan? waktu ngobrol dengan anak kapan? dan saya tentukan waktunya dengan baik di agenda kerja saya dan itu membuat hidup saya lebih teratur dan kegiatan saya bisa dilakukan dengan baik, semuanya on schedule.

3. Lebih AwalLebih awal

Lebih awal
Saya lakukan ini semua lebih awal, maksudnya apa? misalnya saya ada pertemuan pukul 14.00 WIB, yang saya lakukan adalah datang pukul 13.50 atau 13.45 kemudian saya duduk, saya bisa lebih santai, saya bisa lebih siap sebelum saya bertemu dengan customer. Sebelum saya melakukan meeting, saya lakukan 10 menit di ruang meeting, sebelum itu berlangsung kira-kira 10 menit saya masuk ke ruang meeting itu, saya perhatikan semuanya yang ada di ruang meeting dan meeting itu benar-benar bisa berjalan dengan lebih baik kalau saya datang lebih awal dan semua itu saya lakukan lebih awal supaya saya lebih prepare atau lebih siap. Dan yang saya lakukan dalam kehidupan adalah saya juga tidur lebih awal, tidak terlalu larut malam dan bangun pagi lebih awal dan hari itu benar-benar bisa saya lalui lebih panjang dan lebih produktif.

4. Disiplin

Disiplin
Disiplin
Anda pernah punya to do list? besok masih lakukan ini, masih keluar kota, masih ketemu customer, masih meeting dan sebagainya itulah to do list anda, tapi apakah anda disiplin dengan to do list anda? kadang-kadang kita sudah set to do list seperti ini, tapi kita tidak disiplin mengerjakan itu dengan baik. Contoh misalnya saya juga pernah lakukan seperti ini bukannya saya juga tidak pernah, artinya pernah satu kali ketika saat membuat planning, saya fokuskan dari jam 08.00 pagi sampai jam 09.00 pagi itu, saya fokus membuat planning, membuat konsep dan waktu itu handphone saya nyalakan, lalu telepon juga saya set lalu laptop saya nyalakan dan terkoneksi dengan internet. Kemudian apa yang terjadi? planning yang saya lakukan tidak efektif 1 jam tapi hanya 15 menit karena apa? saya gatal ingin melihat handphone, saya gatal ingin browsing, lihat facebook dan segala macam akhirnya apa? waktu terbuang dan mulai dari saat itu saya belajar bahwa kalau benar-benar saya disiplin membuat planning dalam 1 jam, saya akan matikan handphone, saya kan tidak mau berbicara dengan orang yang telepon bahkan kalau ada orang yang mau bicara sama saya, saya akan buat tulisan “please do not disturb” dan saya matikan teleponnya, saya matikan komputernya supaya saya benar-benar fokus dan di meja saya cuma ada note dan bolpoint saja, mungkin ada musik untuk membuat saya konsentrasi. Dan saya berusaha disiplin hasilnya sangat luar biasa dan mudah-mudahan itu pun bisa anda terapkan karena itu simple tapi very effective. 
Jadi inilah empat  hal yang mudah-mudahan bisa membantu anda me-manage waktu anda karena ini semua sudah saya praktekkan dan sudah saya terapkan dan hidup saya jauh lebih teratur, saya lebih siap, saya lebih prefer dan saya lebih efektif. Terima kasih semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.
Powered By Adtival

No comments: